SELAMAT DATANG CALON SISWA / SISWI BARU SMK YPE KROYA, KOMPETENSI KEAHLIAN : AKUNTANSI, ADM. PERKANTORAN, PEMASARAN, TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN. Alamat : Jl. Jend. Gatot Subroto Gg. II/85 Kroya Tilp./Fax. 0282.494166 E-mail : smkypekroya_cilacap@yahoo.co.id Web Blog : http://smkypekroya.blogspot.com/

Rabu, April 09, 2008

Pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK)

Pelaksanaan ujian nasional tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu dalam hal mata diklat yang diujikan. Pada ujian nasional tahun sebelumnya, siswa hanya mengerjakan tiga mata uji yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan Bahasa Inggris. Namun pada ujian nasional tahun ini khususnya pada tingkat SMK ada penambahan satu mata uji yaitu kompetensi kejuruan.
Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) ini terbagai menjadi dua tahap yaitu ujian praktek dan teori. Ujian praktek ini dalam bentuk penyusunan Project Work (Tugas Akhir) dengan mengambil bahan praktek di dunia sesuai dengan program keahlian masing-masing. Untuk SMK YPE sendiri, ujian praktek kompetensi kejuruan telah selesai dilaksanakan pada minggu pertama bulan Maret 2008.
Sedangkan untuk ujian teori dilaksanakan pada tanggal 7 April 2008 bersamaan dengan pelaksanaan Pra Ujian Nasional. Materi dari UKK teori ini disesuaikan dengan program keahlian masing-masing dengan bentuk soal pilihan ganda berjumlah 50 butir.
Hasil dari ujian kompetensi kejuruan ini, baik itu praktek maupun teori akan digabungkan dan diikutsertakan dalam perhitungan nilai rata-rata ujian nasional dengan mengambil 30% dari nilai UKK teori dan 70% dari nilai UKK praktek.

0 komentar: